Kamis, 10 Mei 2012

dinas jaga


DINAS JAGA
Bab VIII sctw 1995 mengatur tentang watch keeping.
a.     Terangkan apa yang di maksud dgn fitness for duty dalam tugas jaga .
b.     Jelaskan bagaimana pula pengaturan Rest period sebelum tugas jaga
Jawab :
a.     Fitness for duty adalah kemampuan untuk bertugas dari masing-masing personel yang melakukan dinas tugas jaga navigasi di kapal, menyangkut kesehatan jasmani dan rohani dari tiap-tiap anggota jaga navigasi, kesiapan masing-masing personel dalam melakukan tugas jaga.
b.     Pengaturan rest period
1.     Minimum jam istirahat bagi perwira dan bawahan tugas jaga navigasi adalah 10 jam selama periode 24 jam
2.     Jam jaga dapat dibagi menjadi 2 periode, dimana salah satunya tidak kurang dari 6 jam
3.     Dalam keadaan darurat atau latihan bahaya, jam istirahat tersebut di atas dapat dipenuhi
4.     Meskipun jam istirahat  minimum dapat dikurangi dari 10 jam jadi 6 jam seperti tercantum di atas, tapi hal itu tidak boleh terjadi selama 2 hari berturut-turut  dan selama periode 7 hari jumlah istirahat tidak boleh kurang dari 70 jam.
5.     Jadwal jaga masing-masing awak kapal harus di tempel di tempat yang jelas
Serah terima tugas jaga :
Jawab;
a.     Memastikan bahwa perwira pengganti tidak sakit dan siap untuk melaksanakan tugas jaga.
b.     Setengah jam sebelumnya perwira pengganti diberitahu untuk tugas jaga.
c.     Memberikan kepastian dan penjelasan kepada perwira pengganti mengenai posisi yang sebenarnya atau posisi duga kapal, haluan yang dikemudikan, kecepatan kapal, arus laut, cuaca, jarak tampak dsb.
d.     Memberitahukan kepada perwira pengganti apabila ada perintah-perintah khusus dari nakhoda.
e.     Tidak menyerahkan tugas jaga pada saat olah gerak atau menghindari bahaya yang sedang mengancam dam menyerahkan pada perwira pengganti pada situasi dan kondisi aman.
Sektor penerangan serta jarak 
tampak lampu navigasi untuk
kapal panjang  >  50 meter
Jawab;
a.     Penerangan tiang jarak tampak 6 mil
b.     Penerangan lambung jrk tampak 3 mil
c.     Penerangan buritan jarak tampak 3 mil
d.     Penerangan tunda jarak tampak 3 mil
e.     Penerangan keli putih, merah, hijau, kuning 3 mil (aturan 22)סּΟ

                                 900             900

       112 ½
                           22½                                      22½
 










                                                1350
  
Kapal tenaga berlayar menyapu ranjau

        OP                          
                                                
        OH                            
HO              OH   
         OP                    Bola hitam      
H          M                 
     
Prosedur penyusulan kapal;
  Jawab;
a.     Dilaut bebas
1.     Setiap kapal yang sedang menyusul kapal lain menghindari kapal lain yang disusul itu
2.     Kapal dianggap menyusul bila mendekati kapal lain dari arah yang lebih besar dari 22,5° di belakang arah melintang, bila pada malam hari kapal yang menyusuul hanya melihat penerangan buritan dan tidak satupun peneragan lambung
3.     Bila ragu – ragu maka kapal harus dianggap menyusul
4.     Tidak memotong haluan kapal yang disusul dan dilewati pada jarak yang aman

b.      Diperairan sempit
1.     Dalam pelayaran sempit penyusulan hanya dapat dilakukan bila kapal yang disusul itu melakukan tindakan untuk memungkinkan pelewatan dengan aman
2.     Mendengarkan isyarat bunyi aturan 34 c (i) _ _ . / _ _ . . Bila yang menyusul setuju memperdengarkan isyarat bunyi aturan 34 c (ii) _ .
Kapal sedang berlabuh jangkar didekati oleh kapal lain di daerah berkabut tebal :
Jawab;
Harus membunyikan genta dengan cepat selama  ± 5 detik dengan selang waktu tidak lebih dari 1 menit (at.35 G )
Pengamatan keliling yang layak 
artinya :
a.     Situasi waspada secara visual maupun pandangan dengan segala cara lain terhadap setiap perubahan situasi.
b.     Mempergunakan setiap peralatan yang ada diatas kapal untuk memprediksikan keadaan mara bahaya, tubrukan dll.
Persyaratan seorang pengamat yang baik :
a.     Senantiasa waspada secara visual maupun pandangan.
b.     Bertanggung jawab terhadap tugasnya/ disiplin.
c.     Dapat dengan cepat membaca situasi atau perubahan untuk melakukan tindakan yang cepat dan tepat demi keselamatan kapal.
d.     Mengerti dan dapat menempatkan diri terhadap keadaan serta kesulitan orang lain, saling membantu.
e.     Sehat jasmani dan rohani.
f.     Memiliki kemampuan dan pengetahuan sesuai tugas dan kewajibannya.
g.     Tidak dibebani oleh tugas2 lain yg dpt mengganggu pelaksanaan tugas jaga.




Tahapan2 yang harus dilaksanakn
dalam perancangan pelyaran
a.     tahap persiapan
b.     tahap pemilihan route
c.     tahap perancanaan navigasi
d.     tahap pelaksanaan dan monitoring
a.     Tahapan persiapan kumpulan  data – data dan informasi
1.     kapal
2.     alat bantu navigasi
3.     alat bantu komunikasi
4.     mesin
5.     informasi navigasi
6.     informasi tentang route
b.     Tahapan route dengan 
dipertimbangkan
1.     Ocean Navigation
2.     Coastal Navigation
c.     Tahap perencanaan navigasi  Ocean navigation
1.     ocean passage for the world
2.     Routing chart
3.     Tidal Stream Aflase
4.     Load Line
5.     Sistem Penentuan Posisi
d.     Coastal Navigation
1.     peta yang up to date
2.     sailling direction and pilot books
3.     list of lights
4.     sistem pelaporan keotoritas setempat
e.     4.Tahapan pelaksanaan dan 
monitoring
1.     periksalah selalu agar posisi kapal tetap berada di atas garis haluan
2.     perhatikan pengaruh arus dan angin
3.     waspada bahaya navigasi disekitar garis haluan
4.     perhatikan minimum UKC, jika ada penyimpangan dari rencana, catat dan beri tahukan anggota BRIDGE
Yang dimaksud dengan standing  order :
1.     Pemberitahuan / perintah dari nahkoda agar kapal dan seluruh crewnya bersiap siap untuk untuk tiba atau berangkat ke dan dari pelabuhan tujuan
2.     Standing order di lakukan oleh semua crew kapal sesuai dengan bagian pangkatnya masing masing
Hal – hal yang tertulis dalam  standing order
a.     Kesiapan – kesiapan crew dek / mesin sebelum kapal berangkat / tiba dipelabuhan
b.     Kesiapan peralatan
1.      Mesin Induk
2.      Mesin bantu       
3.      Winch jangkar / tali
4.     Air jangkar dll
c.     Tanda tangan dari perwira dek/ mein, bosan, master
d.      Tanggal berangkat / tiba dan jamnya
e.     Permintaan Nahkoda agar  standing by
Faktor2/ hal pokok saat penjagaan & pengawasan secara efisien dari organisasi Internasinol Chamber of Shipping ?
a.     jarak tampak, keadaan cuaca, keadaan laut
b.     keadaan lalu lintas dan aktifitas lain yang termasuk didaerah di mana kapal sedang bernavigasi
c.     perhatian khusus pada saat memasuki daerah pelayaran sempit
d.     beban kerja tambahan yang bersifat mendadak
e.     pengetahuan & keyakinan kompetensi profesional para perwira & awak kapal
f.     pengalaman setiap perwira yang melakukan tugas jaga navigasi
g.     kegiatan yang terjadi sewaktu – waktu
h.     kemampuan operasional instrumen dan alat pengendali dianjungan termasuk sistem tanda bahaya
i.     daun kemudi, baling baling serta sifat olah gerak kapal
j.     ukuran kapal dan medan pandangan di tempat pengamat
k.     tata ruang anjungan
l.     setiap standart prosedur atau pedoman relevan lain yang berkaitan dengan pengaturan tugas jaga
Sebagai Perwira jaga di kapal kegiatan yang dilakukan pada saat :
Jaga Navigasi :
a.     Tidak boleh meninggalkan anjungan sebelum ada ganti.
b.     Terus melaksanakan tanggung jawab walaupun Nakhoda ada di anjungan kecuali secara tegas nakhoda mengambil alih.
c.     Selalu memeriksa haluan, posisi kecepatan dengan menggunakan setiap peralatan yang sesuai.
d.     Menggunakan peralatan navigasi seaktif mungkin.
e.     Mencatat semua kegiatan berkaitan dengan navigasi dan olah gerak.
f.     Memeriksa kompas standart paling sedikit selama periode jaga dan setiap perubahan yang cukup besar.
g.     Membandingkan kompas standart dan kompas gyro secara berkala.
h.     Kemudi otomatis selalu diuji secara manual selama tugas jaga.
i.     Lampu navigasi & lampu2 lain selalu dicek & harus berfungsi dengan baik.
j.     Mengecek peralatan komunikasi.
k.     Apabila ada keragu-raguan dengan keadaan dan situasi yang ada segera bergerak dengan cepat dan melapor pada nakhoda.
l.     Jika diperlukan tidak boleh ragu dalam menggunakan kemudi, mesin, atau semboyan bunyi.
m.    Mengetahui sifat olah gerak kapal dan jarak henti dan menyadari kapal lain berbeda.
n.     Mengetahui semua letak alat navigasi dan pengoperasiannya dan keterbatasannya.
o.     Peralatan kendali, indikator, selalu berfungsi dengan baik.
p.     Jika mau masuk ke km. peta harus merasa yakin bahwa keadaan aman dan pengamatan tetap dilaksanakan.
q.     Jika menggunakan radar, harus mengingat ketentuan-ketentuan COLREG sesuai dengan pengoperasian radar.
r.     Kesalahan kompas standart diperiksa paling sedikit sekali selama periode jaga dan setiap perubahan haluan yang cukup besar.



















Kapal Kandas













 




                                                      
         
 Kapal tunda yang panjang tundaanya
  215 m sedang berlayar







 
                                  Belah ketupat   
         
                                    
             
     

Kapal ikan yang sedang beroperasi
menggunakan pukat








 


                            
                                     Kerucut yg
                        ujungnya bertemu
         


 Kapal terbatas kemampuan olah gerak
       O M
       O P                   
       O M




 Kapal Yg tak terkendalikan


 
       O M
       O M


Kapal terkendala Saratnya








 
       O M
       O M
       O M

Kapal Keruk
(Sama seperti kapal terbatas
Kemampuan Olah gerak + sbb)
Sisi rintangan        sisi Bebas
               O M     O H
               O M     O H








 
                
             

Isi check list sebelum berangkat
a.     rencana pelayaran (passage plant)
b.     pete – peta dan publikasi lain yang akan digunakan
c.     peralatan berikut telah dites siap untuk dipakai
1.     jangkar
2.     alat bantu navigasi
3.     buku olah gerak
4.     alat – alat elektronik
5.     kompas magnet
6.     kesiapan untuk menerima
7.     radar ARPHA
d.     peralatan berikut telah dites siap untuk dipakai 
1.     telegram termasuk penunjuk ptaran
2.     alat – alat komunikasi internal termasuk eksternal dan portable
3.     lampu – lampu navigasi termasuk lampu darurat, sasak benda, lampu jangkar
e.     jam anjungan, kapal peta, kamar mesin sudah dicocokkan
f.     apakah semua ABK sudah siap diatas kapal
Data yang  harus dicatat pada buku harian kapal (log book) selama jaga laut
1.     jam / periode jaga laut
2.     RPM
3.     Haluan yang di kemudikan
4.     Penentuan posisi kapal
5.     Paraf mualim jaga
6.     Kecepatan kapal , jarak tempuh
7.     Keadaan cuaca, angin, arus, awan, laut













1 komentar:

  1. Hotels Near Casino & Brewery - Mapyro
    Find Hotels 1 - 12 제주 출장안마 of 서울특별 출장안마 65 — Looking for 영천 출장마사지 hotels near Casino & Brewery 진주 출장안마 in Denver Colorado? Compare reviews and find deals on hotels in 성남 출장마사지 Colorado.

    BalasHapus